Pantangan Makanan Penderita TBC Paru

Pantangan Makanan Penderita TBC Paru apa saja sih? Mari kita cari tahu. Di artikel sebelumnya sudah kita bahas seputar TBC dan cara mengobatinya. Di postingan kali ini kita akan membahas makanan apa saja yang wajib di hindari penderita TBC. TB atau sering disebut TBC atau dalam bahasa medisnya adalah tuberculosis merupakan penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh bakteri yang disebut sebagai mycobacterium tuberculosis.

Bagi pasien TBC, pola makan wajib untuk dijaga terlebih lagi dalam masa penyembuhan. Seperti yang kami lansir dari laman health.detik.com Menurut dokter spesialis paru, dr Boedi Swidarmoko, SpP(K), jika ingin sembuh total dari penyakit ini, menjauhi pantangan makanan adalah keharusan bagi pasien TB paru. Namun, selama tidak menimbulkan batuk darah, maka tidak ada pantangan.

Pantang makan disini bukan berarti harus diet ketat ya, justru sebaliknya penderita TBC dianjurkan untuk makan banyak. Karena biasanya penderita TBC berat badannya berangsur angsur menurun seiring parahnya penyakit yang diderita karena efek dari tb sendiri adalah kehilangan nafsu makan. Infeksi TBC membuat penderita rentan kekurangan gizi. Kekurangan gizi menyebabkan penurunan pada sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh Anda lebih sulit mempertahankan diri dari virus tuberkulosis. Baca manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan.

Ada ungkapan bahwa Pengidap TBC harus makan banyak supaya cepat sembuh itu benar adanya. Namun ada beberapa makanan dan minuman yang harus di hindari bagi penderita TBC.

Pantangan Makanan dan Minuman Penderita TBC Paru

  1. Daging Kambing
    Perlu diketahui bahwa di dalam daging kambing terdapat zat yang dapat mempengaruhi peredaran darah dan dapat membentuk zat nitrosamin yang kemudian bisa menyebabkan peradangan pada paru. Tentunya ini tidak baik jika di konsumi secara berlebihan khususnya bagi pasien TBC paru. Bukannya membaik malah membuat makin kronis. Untuk itu sebaiknya hindari menu makan makanan yang mengandung daging kambing.
  2. Makanan Manis. Makanan manis dengan kadar gula yang tinggi, khususnya gula halus adalah salah satu makanan yang wajib di hindari. Juga termasuk makanan olahan yang terbuat dari gula seperti sereal, puding dan kue.
  3. Ikan Asin. Ternyata ikan asin mengandung zat – zat yang tidak baik untuk penderita yang dapat mengembangkan virus Epstein-Barr. Dimana virus tersebut dapat memperparah kondisi penderita bahkan menyebabkan peradangan.
  4. Garam. Boleh menggunakan garam akan tetapi jangan berlebihan karna tidak baik bagi pasien penderita penyakit asma.
  5. Terasi merah. Terasi merah terdapat kandungan rhodamin B yang merupakan penyebab iritasi pernafasan. Jadi sebaiknya juga hindari atau pantang mengkonsumsi terasi merah dalam jumlah yang berlebihan dengan kurun waktu yang lama.
  6. Kafein. Kafein sendiri bisa kita temukan baik makanan maupun minuman. Dianjurkan untuk pantang makan atau minum yang mengandung kafein tinggi. Karena ini juga dilarang bagi penderita gangguan flek paru paru atau tb paru. Bagi yang gemar minum kopi ada baiknya ganti gaya hidup dengan minum teh hijau itu akan lebih baik bagi kesehtan anda.
  7. Selain beberapa menu makanan / minuman diatas, sebaiknya juga hindari asap rokok apa lagi alkohol, hindari buah pepaya dan juga durian, gorengan juga termasuk dalam daftar pantangan keras bagi penderita tbc.

Wajib untuk di lakukan penderita TBC

  • Sudah pasti berhenti merokok jika anda seorang perokok aktif dan hindari paparan dengan asap rokok.
  • Hindari paparan dengan polusi udara, gunakan masker bila memang memiliki pekerjaan tertentu yang banyak terpapar polusi atau asap.
  • Selalu buka pintu dan jendela rumah agar sinar matahari bisa masuk ke rumah dan sirkulasi di rumah selalu berjalan baik. Hal ini akan membuat bakteri Tuberkulosis tidak mudah berkembang dan orang di rumah anda tidak mudah terinfeksi tuberkulosis. Sinar matahari pagi hari juga ternyata baik untuk terapi pengobatan TBC.
  • Rutin minum susu kambing etawa plus propolis untuk terapi penyembuhan minimal 2 hari sekali. Lakukan rutin selama minimal 3 bulan.
  • Dan pastikan anda makan makanan yang bergizi lengkap dan seimbang dalam jumlah yang cukup
  • Lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran tubuh anda serta pastikan anda selalu mendapat tidur dan istirahat yang cukup. Menjaga gaya hidup yang sehat dapat memperkuat sistem imunitas tubuh anda sehingga menghindarkan anda dari berbagai penyakit dan mencegah tuberkulosis kambuh kembali.

Sekian informasi seputar hal hal apa saja yang wajib di pantang ataupun di lakukan bagi penderita TBC dalam proses penyembuhannya. Kami doakan anda segera terlepas dan sembuh total dari flek paru atau tbc paru. Salam sehat selalu bersama susu kambing etawa.

Pencari Produk Susu Kambing :

    apakah penderita tbc dilarang minum susu kambingsusu yang bagus untuk penderita tbc